Latihan Fisik Ringan Saat Masa Pemulihan Setelah Sakit

Latihan Fisik Ringan Saat Masa Pemulihan Setelah Sakit

Olahraga adalah salah satu aktivitas yang sangat baik untuk kesehatan, dan slot paling bagus juga dianjurkan oleh banyak ahli. Ditambah lagi di masa pandemi ini kita harus lebih-lebih menjaga kesehatan fisik. Beberapa ahli menyatakan bahwa jika kita berolahraga minimal 20 menit dalam sehari dapat membantu untuk meningkatkan suasana hati, memperkuat sistem imunitas tubuh, juga dapat mengurangi kondisi medis yang serius.

Latihan Fisik Ringan Saat Masa Pemulihan Setelah Sakit

Namun, jika kamu sudah pernah menderita COVID-19 pasti tentunya merasakan ada beberapa perubahan dari dalam tubuh. Karena meskipun sudah dinyatakan negatif dari virus corona, tubuh pasti masih terasa belum pulih seperti sedia kala. Hal ini lah yang membuat olahraga setelah sembuh dari COVID-19 bisa menimbulkan potensi bahaya jika dilakukan dengan tidak tepat.

Anda pun tidak dapat langsung melakukan olahraga yang berat jika baru saja sembuh dari penyakit. Ingat, masing-masing penyakit mempunyai waktu penyembuhan yang berbeda satu dan lainnya.

Bila sakit yang diderita tergolong ringan, seperti demam, influenza, atau batuk, paling tidak tunggulah satu atau dua pekan. Tapi, sekiranya sakit tergolong berat, tunggulah hingga tiga pekan. Setelahnya, baru Anda bisa mengawali kesibukan olahraga dengan intensitas seperti umum.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa contoh olahraga yang tepat dan dapat dilakukan oleh kalian untuk pemulihan fisik.

1. Stretching atau Peregangan Tubuh

Untuk yang pertama kali dapat dilakukan adalah dengan peregangan tubuh, tapi ingat lakukan hal ini secara perlahan saja. Misal, diselingi di setiap kegiatan anda saat berjemur atau sambil menonton drama.

Lakukan peregangan tubuh yang biasa aja, yang tidak membuat napas terasa sesak atau pendek. Karena, sebenarnya peregangan adalah salah satu kegiatan yang baik pada saat masa pemulihan.

2. Latihan Kaki

Pada waktu pemulihan, cobalah untuk menggerakan badan dimulai dari bagian bawah terlebih dahulu. Kalian bisa coba mengangkat kaki dengan cara jinjit-jinjit terlebih dahulu, setelah itu baru deh coba latihan kaki lainnya. Selalu ingat, untuk tetap melakukan hal ini dengan santai saja.

3. Yoga

Yoga tidak hanya dapat kamu lakukan di Yoga Centre atau Fitness Centre, melainkan dapat kamu lakukan sendiri di rumah. Kalian bisa memulai dengan mencari gerakan-gerakan dasar yoga yang ada di internet, lalu coba tiru di rumah.

Saat melakukan yoga, perhatikan setiap gerakan yang dilakukan. Jika kalian sudah merasa mulai kehabisan napas, kalian bisa langsung berhenti dan beristirahat.

Kalian bisa coba rutini beberapa latihan di atas seraya belajar mengatur nafas agar kembali sehat seperti saat sebelum sakit. Selain itu dengan melakukan olahraga ringan ini, semoga pemulihan fisikmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *