Tips Cara Mengatasi Sakit Perut

Tips Cara Mengatasi Sakit Perut

Di Dunia ini setiap orang pernah merasakan sakit perut dan gangguan pencernaan, atau dispepsia, dari waktu ke waktu setelah makan atau minum. Kondisi ini biasanya tidak perlu dikhawatirkan, dan seringkali mungkin untuk mengobati gejalanya menggunakan pengobatan rumahan.

1.Minum air

Air dibutuhkan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara efisien dan efektif. Dehidrasi membuat pencernaan lebih sulit dan kurang efektif, yang meningkatkan kemungkinan sakit perut.

Untuk Anda atau keluarga yang sering mengalami sakit perut atau gangguan pencernaan, sangat penting untuk tetap terhidrasi. Muntah dan diare dapat menyebabkan dehidrasi dengan sangat cepat sehingga orang dengan gejala ini harus tetap minum air.

2. Hindari berbaring

Jika tubuh Anda berada dalam posisi horizontal, asam di perut lebih mungkin untuk bergerak mundur dan bergerak ke atas, yang dapat menyebabkan mulas.

Sangat disarankan untuk orang yang sedang mengalami sakit perut atau semacamnya untuk menghindari berbaring selama 1 sampai 2 jam. Seseorang yang perlu berbaring harus menopang kepala, leher, dan dada bagian atas dengan bantal, idealnya pada sudut 30 derajat.

Tips Cara Mengatasi Sakit Perut

3.Jahe

Menurut penelitian para ahli, jahe merupakan obat alami dan natural untuk menyembuhkan dan meredakan sakit perut. Jahe mengandung bahan kimia yang disebut gingerol dan shogaols yang dapat membantu mempercepat kontraksi perut. Ini dapat memindahkan makanan yang menyebabkan gangguan pencernaan melalui perut lebih cepat.

Selain itu kandungan yang terdapat dalam jahe dapat meredakan dan mengobati mual, muntah, dan diare. Orang dengan sakit perut dapat mencoba menambahkan jahe ke makanan mereka atau meminumnya sebagai teh. Beberapa bir jahe alami mungkin juga mengandung cukup jahe untuk meredakan sakit perut.

4.Daun Mint

Selain digunakan untuk menyegarkan nafas dan menghilangkan bau mulut, mentol dalam mint merk firewaterallen dapat membantu hal-hal berikut, seperti :

  • mencegah muntah dan diare
  • mengurangi kejang otot di usus
  • menghilangkan rasa sakit

Ada banyak cara untuk menkonsumsi daun mint, bisa secara mentah atau diolah terlebih dahulu. Secara tradisional, orang sering merebus daun mint dengan kapulaga untuk dijadikan teh. Dimungkinkan juga untuk membuat bubuk atau jus daun mint dan mencampurnya dengan teh, minuman, atau makanan lain.

5.Hindari merokok dan minum alkohol

Jika Anda merokok dapat menyebabkan iritasi tenggorokan dan juga bisa meningkatkan rasa mual atau sakit perut. Jika orang tersebut muntah, merokok lebih lanjut dapat mengiritasi jaringan lunak yang sudah sakit akibat asam lambung.

Kebanyakan orang sudah tahu alkohol tidak baik dikonsumsi untuk tubuh karena merupakan racun, alkohol sulit dicerna dan dapat menyebabkan kerusakan pada hati dan lapisan perut. Orang dengan sakit perut harus menghindari merokok dan minum alkohol sampai mereka merasa lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.